Mesin Pelet: Definisi, Manfaat, Jenis, dan Peluang Usaha UMKM

mesin pelet crumble asterra

Pertanyaan apa itu mesin pencetak pelet umumnya dikeluarkan orang yang belum akrab dengan dunia perikanan dan peternakan. Mesin pencetak pelet atau juga dikenal dengan mesin pelet adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan makanan bagi unggas, ikan, dan semacamnya.

Dengan adanya mesin pelet, praktik pembuatan pakan ternak jadi jauh lebih praktis dan mudah. Selain itu, para peternak juga dapat meramu sejumlah kandungan dan nutrisi sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Bahan pokok produksi pelet sangat variatif. Karena bila seorang peternak memiliki mesin pelet, maka ia memiliki kebebasan untuk meramu pakan sesuai kebutuhan nutrisi hewan ternaknya. Sebagai contoh, berikut ini sejumlah bahan pokok untuk membuat pelet:

  1. Vitamin
  2. Konsentrat
  3. Ikan asin BS Super
  4. Daun pepaya
  5. Keong Mas
  6. Ragi tempe
  7. Dedak

Manfaat Mesin Pelet

Secara garis besar, manfaat mesin pelet memang digunakan untuk menghasilkan pakan. Apabila dirinci lebih lanjut, maka terdapat sejumlah manfaat mesin pelet, yaitu:

  1. Efisiensi waktu
  2. Efisiensi tenaga kerja
  3. Produksi massal
  4. Menghasilkan pelet dengan bentuk dan pola seragam
  5. Kandungan nutrisi di dalam pelet seragam, stabil, dan terjaga

Jenis Mesin Pelet

Sebagian besar mesin pelet yang digunakan oleh peternak dibagi dalam sejumlah jenis. Pembagian tersebut didasarkan pada jenis tenaga penggeraknya serta jenis pelet yang dihasilkan.

Mesin Pelet Berdasarkan Tenaga Penggerak

Prinsip kerja mesin pembuat pelet adalah adanya roller pencetak pelet. Roller ini digerakkan oleh tenaga penggerak. Berikut ini rincian jenis-jenis mesin pelet berdasarkan tenaga penggeraknya:

1. Mesin pelet manual. Merujuk ke namanya, mesin pelet pakan ternak manual memang digerakkan dengan kekuatan tangan dan tidak menggunakan mesin. Mesin pencetak pelet jenis manual cocok untuk para pelaku bisnis ternak skala kecil.

2. Mesin pelet diesel. Seperti namanya, tenaga penggerak roller mesin pelet ini adalah diesel. Umumnya, mesin pelet diesel cukup mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Artinya, mesin pelet diesel cukup mendominasi mesin pencetak pakan ikan dan ternak lain.

3. Mesin pelet listrik. Mesin pembuat pakan ikan ini digerakkan oleh tenaga listrik. Terdapat dinamo yang terkoneksi listrik rumahan dan berfungsi untuk menggerakkan roller.

Mesin Pelet Berdasarkan Hasil

Setelah pembagian berdasarkan tenaga penggeraknya, maka mesin pelet juga bisa dibagi berdasarkan produk yang dihasilkan.

Perbedaannya terletak pada ada tidaknya heater (tenaga pemanas di mesin tersebut). Heater ini berfungsi membuat pakan jadi kering dan terapung di air. Berikut ini pembagian mesin pencetak pelet pakan ternak dan ikan:

  1. Mesin pelet apung. Mesin pelet apung adalah mesin pencetak pakan yang terapung. Umumnya, mesin yang menghasilkan pakan terapung memiliki heater yang berfungsi untuk memanaskan pakan.
  2. Mesin pelet tenggelam. Jenis mesin pelet pakan ternak ini menghasilkan pakan ikan dan ternak yang tenggelam di dalam air. Mesin pelet tenggelam tidak memiliki heater.

Peluang Bisnis Mesin Pelet

Menjamurnya penghobi ikan, serta UMKM peternakan dan perikanan merupakan peluang penting bagi Anda yang tertarik menjual pakan pelet. Karena mesin pelet pakan ini cocok untuk UMKM, maka target pasar pertama Anda adalah penghobi ikan di area lokal.

Anda bisa memberikan ramuan pelet berkualitas prima dengan harga bersaing. Sehingga konsumen akan lebih mudah melirik. Pilihan kedua, Anda bisa menawarkan jasa membuat pakan ikan atau pelet ternak custom. 

Artinya, konsumen bisa menentukan ramuan yang dia inginkan dan kemudian Anda produksi. Dengan begitu, konsumen punya kebebasan menyesuaikan bahan-bahan pelet sesuai kebutuhan nutrisi ternaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday