Mesin Keripik Kentang: Definisi, Fungsi, Inovasi, dan Peluang Usaha

irisan keripik kentang asterra

Mesin keripik kentang atau juga dikenal dengan mesin perajang kentang adalah alat yang berfungsi untuk memotong-motong kentang menjadi bagian-bagian kecil dengan pola dan ukuran seragam.

Dengan adanya mesin perajang kentang, praktik pemotongan kentang jadi jauh lebih singkat dan mudah. Dengan begitu, pengolahan kentang jadi makanan siap konsumsi jadi jauh lebih efektif dan efisien. 

Inovasi Mesin Keripik Kentang Bagi UMKM Kuliner

Adanya mesin keripik kentang merupakan gebrakan penting dalam industri kuliner. Zaman dahulu, bisnis keripik kentang dikuasai oleh produsen-produsen besar. Dengan adanya mesin penghasil keripik kentang ini, pengusaha level UMKM sudah berani memasuki pasar.

Salah satu kelebihan keripik kentang hasil produksi UMKM adalah kemampuannya beradaptasi dan mengubah produksi sesuai dengan berbagai tren rasa yang berkembang di konsumen.

Apabila Anda memiliki mesin perajang kentang, maka Anda memiliki kebebasan untuk menghasilkan keripik kentang dengan berbagai kombinasi bumbu sesuai selera konsumen. Sebagai contoh, umumnya UMKM kuliner mengkombinasikan keripik kentang dengan sejumlah bumbu tambahan berikut ini:

  • Bumbu BBQ
  • Bumbu ayam bakar
  • Keju
  • Bumbu seafood

Fungsi dan Manfaat Mesin Keripik Kentang

Secara garis besar, manfaat mesin perajang kentang memang digunakan untuk menghasilkan keripik. Apabila dirinci lebih lanjut, maka terdapat sejumlah manfaat mesin keripik kentang, yaitu:

  1. Menghemat waktu
  2. Menghemat tenaga kerja
  3. Produksi massal
  4. Menghasilkan kentang dengan bentuk dan pola seragam
  5. Biaya produksi kentang jadi lebih hemat

Pilihan Jenis Mesin Keripik Kentang

Sebagian besar mesin perajang kentang yang digunakan oleh peternak dibagi dalam sejumlah jenis. Pembagian tersebut didasarkan pada jenis tenaga penggeraknya serta volume produksi keripik kentang yang dihasilkan.

Apabila baru mulai tertarik membuka usaha di pinggir jalan yang menjual keripik kentang, maka mesin keripik kentang manual sangat cocok jadi pendamping Anda. Umumnya, mesin manual ini tidak menggunakan mesin sebagai sumber tenaga.

Anda bisa mendapatkan mesin keripik kentang tenaga manual di kisaran harga 700 ribu hingga dua juta rupiah. Karena manual, produksi mesin keripik kentang tersebut tidak akan sebanyak yang memakai tenaga penggerak.

Sebaliknya, bila usaha Anda sudah mulai menjual keripik kentang di berbagai toko, maka mesin perajang yang cocok adalah mesin dengan tenaga penggerak. Ada berbagai jenis tenaga penggerak mesin keripik kentang di pasaran.

Anda bisa memilih mesin perajang kentang yang memakan tenaga penggerak sesuai kebutuhan. Sejumlah faktor yang menentukan pemilihan mesin seperti jumlah produksi, jenis pola potongan keripik, dan harga. Umumnya, mesin pemotong kentang ini memiliki variasi harga bermacam-macam. Ada yang mulai dari harga 3 juta hingga di atas 10 juta rupiah.

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Keripik Kentang

Kentang adalah salah satu bahan kuliner yang tidak lekang dimakan zaman. Salah satu produk olah kentang yang terus ada di berbagai masa adalah keripik kentang. 

Hanya saja, saat ini produksi keripik kentang tidak hanya dikuasai produsen-produsen besar. Sejumlah produsen UMKM sudah berani menghasilkan keripik kentang yang tidak kalah menariknya dari produsen besar.

Bahkan, sejumlah usaha kecil juga berani menghasilkan keripik kentang yang diolah begitu ada pesanan. Sehingga, konsumen dapat melihat langsung pengolahan keripik kentang dan memberikan kombinasi bumbu sesuai seleranya sendiri-sendiri.

Tentu saja, inovasi mesin perajang kentang tersebut memancing wirausaha-wirausaha baru untuk terjun dalam dunia kuliner keripik kentang.

Kabar baiknya, Anda juga bisa memulai menjalankan bisnis keripik dengan dukungan mesin perajang kentang berkualitas di Asterra. Mesin keripik kentang di Asterra memiliki kualitas yang terpercaya dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday