10 Manfaat Minyak Sereh, Bisa Mengatasi Berbagai Penyakit

minyak sereh

Minyak sereh merupakan minyak esensial yang berasal dari ekstrak tumbuhan sereh (cymbopogon) atau yang dikenal juga sebagai serai dan lemon grass. Sesuai dengan namanya, minyak ini memiliki aroma segar dan citrus yang khas. Oleh karena itu, minyak ini sering digunakan sebagai aromaterapi karena efeknya yang menenangkan. Selain berfungsi sebagai aroma terapi, minyak ini memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

Macam-macam Manfaat Minyak Sereh Bagi Kesehatan

Minyak sereh memiliki berbagai macam senyawa aktif yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan tersebut seperti citral, eugenol, geraniol, nerol, neral, myrcene, citronellal, dan lain sebagainya. Terdapat juga kandungan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, dan folat. Adapun manfaatnya untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

Meredakan Sakit Kepala

Minyak sereh mengandung senyawa eugenol yang memiliki khasiat seperti aspirin. Senyawa ini dipercaya dapat mencegah trombosit darah yang menggumpal. Karena kandungannya ini minyak sereh dapat membantu meredakan nyeri akibat sakit kepala. Adapun penggunaannya bisa dioleskan pada area kepala kemudian pijat secara lembut.

Relaksasi dan Mengurangi Stress

Aroma minyak sereh yang segar dengan citrus yang khas dapat membantu meredakan stress, kegelisahan, dan ketegangan mental. Aroma ini juga bisa meningkatkan suasana hati dan membantu menghilangkan ketegangan fisik.

Pengobatan Pencernaan

Minyak sereh merupakan obat tradisional yang dapat mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, tukak lambung, dan diare sebab sifat antibakteri yang terkandung didalamnya dapat melawan bakteri Escherichia coli, salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan diare. Selain mengatasi masalah tersebut minyak ini juga dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak ini telah terbukti dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel dalam tubuh. Adanya antioksidan ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan, mencegah flu, dan mencegah kelainan fungsi sel dalam pembuluh darah jantung.

Perawatan Kulit

Minyak sereh sangat cocok untuk merawat kulit dan dapat mengurangi jerawat, mengontrol produksi minyak berlebih, dan membuat kulit lebih bersinar atau zaman sekarang orang-orang menyebutnya glowing. Hal ini karena adanya sifat antiseptik dan astringen yang sangat bermanfaat untuk kulit. Selain mengurangi jerawat dan membuat kulit menjadi glowing, minyak ini juga dapat membersihkan pori-pori dan memperkuat jaringan kulit.

Perawatan Rambut

Selain bermanfaat untuk perawatan kulit, minyak ini juga bermanfaat untuk bagi kesehatan rambut. Sifat antimikrobanya dapat mengurangi ketombe. Minyak ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Karena kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan rambut, minyak ini juga bermanfaat untuk mencegah kebotakan atau penipisan rambut. Mencampurkan minyak sereh pada shampoo dan kondisioner juga bisa membuat rambut menjadi berkilau.

Melawan Infeksi

Sifat fungisida baik yang terdapat dalam minyak ini dipercaya dapat melawan infeksi dan membantu menurunkan demam. Selain dapat melawan infeksi dan menurunkan demam minyak ini juga dapat meningkatkan produksi keringat tubuh sehingga racun-racun yang terkandung dalam tubuh keluar melalui keringat.

Mengatasi Nyeri Sendi

Minyak ini dapat mengatasi nyeri sendi karena mengandung sifat antiinflamasi yang terbukti mampu mengurangi rasa nyeri akibat rheumatoid arthritis. Untuk penggunaannya, bisa mengoleskan minyak pada area yang sakit/ nyeri. Selain mengobati nyeri sendi, minyak ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Menurunkan Gula Darah dan Lipid

Menurut penelitian, minyak ini mampu mengurangi gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Kandungan seperti citral, yang merupakan senyawa utama didalamnya memiliki potensi efek antihiperglikemik (menurunkan kadar gula darah yang tinggi) dan efek hipolipidemik (menurunkan kadar lipid dalam darah). Namun perlu dicatat bahwa efeknya terhadap kadar gula darah dan lipid dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti dosis, durasi penggunaan, dan kondisi kesehatan individu.

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi tentu sangat berbahaya bagi tubuh sebab dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga agar kolesterol tetap stabil atau tidak terlalu tinggi. Minyak sereh memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol. Senyawa aktif yang terdapat didalamnya menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa minyak sereh menawarkan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Mulai dari meredakan stress, perawatan kulit, rambut, melawan infeksi, nyeri sendi dan sebagainya. 

Melihat banyaknya manfaat dan kegunaannya yang luas, minyak sereh bisa memiliki potensi besar untuk dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Terutama dalam era dan gaya hidup yang semakin berkembang, minyak sereh dapat dimanfaatkan ke dalam berbagai produk kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut antara lain produk aroma terapi, minyak kesehatan, sabun, lotion atau cream, dan haircare.

Nah, untuk menciptakan produk-produk tersebut menjadi peluang usaha atau bisnis tentunya diperlukan bahan-bahan dan peralatan tertentu, salah satunya mesin penyuling sereh. Mesin ini berfungsi untuk mengekstrak daun dan batang tanaman sereh menjadi minyak dan senyawa aromatik yang nantinya menjadi bahan utama untuk pembuatan produk usaha atau bisnis. Dengan adanya mesin ini, proses penyulingan akan menjadi lebih mudah dan cepat dan hasil pengolahan minyak menjadi lebih optimal. 

Kunjungi juga asterra.id dan temukan lebih banyak mesin produksi berkualitas sesuai dengan kebutuhan. Asterra sudah lebih dari 10 tahun profesional melayani ribuan perusahaan di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday