VCO (Virgin Coconut Oil) dan Minyak Kelapa, Apa Bedanya?

vco dan minyak kelapa

VCO atau Virgin Coconut Oil dan minyak kelapa memang memiliki kemiripan sehingga kita sulit untuk membedakannya. Namun, sebenarnya apa sih perbedaan minyak yang sama-sama berbahan dasar dari kelapa ini? Jika didefinisikan, VCO merupakan minyak kelapa murni yang diekstraksi dari kelapa segar tanpa melalui proses fermentasi dan pemanasan tinggi (tidak lebih dari 100 derajat celcius) sehingga benar-benar virgin atau murni. Minyak yang dihasilkan berwarna putih bening dan kandungan nutrisi, aroma, rasa kelapanya masih terjaga dengan baik.

Sedangkan minyak kelapa adalah minyak yang dihasilkan dari proses ekstraksi kelapa dengan proses pemanasan yang lama dan tinggi. Minyak kelapa sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu minyak kelapa non-RBD dan minyak kelapa RBD. Minyak kelapa non-RBD berwarna kuning kecoklatan. Meskipun begitu, wangi aroma kelapanya yang kuat sering digunakan untuk memasak menu khas daerah Indonesia. Dibeberapa daerah minyak kelapa non-RBD ini disebut dengan minyak klentik, minyak tanak, dan lengis tandusan.

Kemudian, minyak kelapa RBD merupakan minyak kelapa yang sudah melalui proses RBD atau Refine (pemurnian), Bleach (pemutihan), Deodorize (penghilangan bau). Proses ini diperlukan karena minyak kelapa jenis ini diperoleh dari pemerasan kopra (kelapa kering) yang biasanya sudah hangus dan tengik dengan kandungan asam lemak bebas (Free Fatty Acid) yang tinggi. Dengan adanya RBD, minyak ini menjadi lebih jernih, berwarna cerah, dan aroma kelapanya berkurang sehingga bisa digunakan sebagai minyak goreng.

Karena VCO dan minyak kelapa merupakan produk yang berbeda, tentu saja masing-masing dari mereka memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Apa saja sih manfaat dari kedua minyak ini? Simak penjelasannya!

Manfaat VCO dan Minyak Kelapa Bagi Tubuh

VCO dan minyak kelapa memang sama-sama berasal dari kelapa yang sudah bisa dipastikan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang manfaat kedua minyak tersebut.

Manfaat VCO

VCO mengandung asam lemak dan berbagai antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat dalam VCO memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, asam laurat juga bisa melawan dan membunuh bakteri, virus, dan jamur yang masuk ke tubuh sehingga tubuh tidak mudah infeksi atau terserang berbagai penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

VCO mengandung asam lemak rantai sedang, terutama asam laurat, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi VCO dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan, sehingga hal ini sangat mendukung proses penurunan berat badan.

Perawatan Kulit dan Rambut

VCO dapat membantu melembabkan kulit, mengurangi peradangan, dan melawan infeksi kulit sehingga akan sangat cocok apabila dijadikan produk perawatan kulit. Selain cocok untuk perawatan kulit, VCO juga bisa menjadi kondisioner alami untuk rambut. Kandungan asam lemaknya dapat mengurangi kerusakan rambut dan melembutkan serta mengkilaukan rambut.

Mencegah Diabetes

VCO dapat menurunkan atau mengontrol kadar glukosa dalam darah. Dengan begitu, mengonsumsi VCO dapat meminimalkan risiko terkena diabetes. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam VCO mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu beragam penyakit kronis.

Minyak Kelapa

Meskipun minyak kelapa tidak semurni VCO, minyak kelapa tetap memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut.

Menambah Energi

Minyak kelapa mengandung medium-chain triglycerides (MCTs) yang mudah diubah menjadi energi daripada menjadi lemak. Oleh karenanya, mengonsumsi minyak kelapa dapat menambah pasokan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Menurunkan Berat Badan

Sama seperti VCO, minyak kelapa juga dapat meningkatkan metabolisme yang akan membakar lemak di dalam tubuh dengan cepat dan mengubahnya menjadi energi. Jika penggunaan minyak kelapa untuk memasak makanan diet disertai dengan olahraga secara rutin, hal itu tentunya akan menurunkan berat badan.

Menjaga Kesehatan Mulut

Minyak kelapa dipercaya dapat mematikan bakteri mulut. Carany adalah dengan teknik oil pulling atau berkumur. Setelah berkumur, bau mulut akan berkurang, kesehatan gusi lebih terjaga, dan mencegah munculnya plak gigi.

Mencegah dan Mengobati Sembelit

Mengonsumsi minyak ini juga dapat mencegah dan mengobati sembelit. Hal ini karena terdapat kandungan medium-chain fatty acid (MCFA) yang diketahui dapat merangsang gerakan usus menjadi lebih teratur. Efeknya, pencernaan dapat menjadi lebih lancar sehingga mencegah terjadinya sulit buang air besar.

Mengurangi Kadar Lemak Jahat

Minyak kelapa dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Efek ini dapat membuat kesehatan jantung dan pembuluh darah lebih terjaga. Namun, tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. 

Melihat banyaknya beragam manfaat kesehatan dari Virgin Coconut Oil (VCO) dan minyak kelapa, maka tidak heran jika keduanya bisa menjadi peluang bisnis yang tingggi. Ditambah lagi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat dan penggunaan produk alami. 

Dengan pendekatan pemasaran yang tepat, inovasi produk, dan kualitas yang baik, bisnis VCO dan minyak kelapa memiliki potensi untuk berkembang pesat. Apalagi VCO yang murni sehingga memiliki harga yang lebih tinggi daripada minyak kelapa biasa. 

Gunakan juga mesin evaporator yang berkualitas untuk meningkatkan produktivitas, menghasilkan produk yang mumpuni, mengurangi biaya produksi dalam jangka panjang, dan meminimalkan kerugian.

Kunjungi juga asterra.id, penyedia mesin produksi lengkap untuk mendukung usaha atau bisnis. Profesional melayani ribuan perusahaan di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday