Mesin Mixer Roti: Definisi, Jenis, Keuntungan, dan Peluang Usahanya

Mesin Mixer Roti: Definisi, Jenis, Keuntungan, dan Peluang Usahanya

Mesin mixer roti adalah alat pengaduk yang fungsi utamanya mengaduk adonan roti, kue, dan sejenisnya. Pengguna mesin mixer roti sangat beraneka ragam, dari ibu rumah tangga, usaha kue rumahan, toko bakery, restoran pizza, restoran burger, dan lain sebagainya.

Mesin Mixer Roti Terbaik dan Murah

Mesin pengaduk adonan roti juga dikenal dengan nama dough mixer dan planetary mixer. Sebagaimana yang diketahui bersama, adonan roti atau kue bisa saja diaduk secara manual atau memakai spatula. Akan tetapi, apabila adonan kue yang perlu diaduk berjumlah banyak maka mau tidak mau harus memakai alat mixer adonan roti.

Mesin mixer roti dari Asterra bisa mengaduk adonan hingga ratusan liter. Selain itu, mesin mixer roti juga bisa mengaduk berbagai jenis adonan dengan tingkat kepadatan yang berbeda-beda.

Mesin mixer roti biasanya terbagi dalam beberapa bagian utama, yaitu:

  1. Loyang roti atau bowl
  2. Dudukan mesin roti
  3. Adukan adonan atau beater
  4. Mesin pengaduk
  5. Tuas gigi untuk mengatur kecepatan mesin
  6. Lift untuk mengukur ketinggian beater

Benefit menggunakan mixer roti

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat memakai mesin mixer roti, yaitu:

1. Sebagai alternatif dari memakai spatula atau mengaduk dengan tangan

2. Adonan jadi lebih tercampur sempurna

3. Adonan jadi lebih higienis dan tidak terkontaminasi benda asing

4. Hemat waktu dan tenaga

5. Proses membuat roti atau kue jadi lebih efektif dan efisien

6. Sangat terasa manfaatnya saat harus mengolah adonan yang banyak

7. Proses membuat roti dan kue jadi lebih sistematis dan serba terukur

Jenis Mesin Mixer untuk Adonan Roti

Dengan berbagai manfaatnya, mesin mixer roti terbagi dalam 3 jenis utama, yaitu:

1. Planetary Mixer

Jenis pengaduk adonan roti ini menggunakan prinsip perputaran planet, yaitu beater berputar mengelilingi bowl. Akan tetapi bowl tidak berputar sama sekali. Adonan yang dihasilkan planetary mixer adalah adonan bertekstur lembut.

2. Spiral mixer

Mixer adonan roti jenis spiral cukup umum dijumpai di berbagai produsen/toko bakery. Pengaduk adonan roti ini bisa digunakan untuk berbagai jenis adonan. Keunggulan utama spiral mixer adalah posisi bowl yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna atau sesuai kondisi adonan yang dihasilkan.

3. Horizontal mixer

Pencampur adonan jenis horizontal mixer ini umum digunakan dalam proses membuat mie. Dengan kekuatan mesin yang baik, proses pembuatan mie jadi lebih praktis dan efektif.

Peluang Usaha Menggunakan Mixer Roti

Sebagaimana diketahui bersama, para pengusaha kuliner punya kecenderungan menghasilkan produk dalam jumlah banyak sehingga mampu menekan biaya produksi. Dari biaya produksi yang rendah, produsen bisa menjual produk dengan keuntungan yang cukup signifikan. Dalam usaha bakery, kue, atau produk kuliner sejenis, prinsip tersebut juga berlaku.

Karenanya, pemakaian mesin mixer roti adalah salah satu kunci bagi siapa saja yang ingin membuka usaha bakery atau kue. Kemampuan menghasilkan adonan dalam jumlah banyak dan waktu singkat membuat proses produksi roti jadi sangat efektif. 

Sehingga, Anda bisa melakukan perhitungan dan estimasi yang lebih tepat dengan hasil produk maksimal. Kabar baiknya lagi, mesin mixer roti Asterra terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan sistem perawatan yang mudah. Sehingga membuat mesin mixer roti Asterra mampu bekerja dalam waktu lama, tahan banting, dan tidak membutuhkan perawatan rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday