Apa Itu Kompos? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Penggunaannya

kompos

Kompos adalah hasil dari proses penguraian parsial campuran bahan-bahan organik yang dipercepat oleh berbagai macam organisme hidup. Untuk menguraikannya diperlukan material organik dan organisme pengurai. Bentuk organisme pengurai tersebut berupa mikroorganisme atau mikroba. Adapun proses bahan organik mengalami penguraian secara biologis oleh mikroorganisme yang memanfaatkan bahan organik untuk sumber energi disebut pengomposan.

Bahan-bahan organik yang biasanya digunakan untuk pembuatannya adalah sisa makanan, daun kering, jerami, serbuk kayu, sampah rumah tangga, kotoran hewan dan sebagainya. Berdasarkan jenis-jenisnya, kompos dibagi menjadi 3. Untuk penjelasan lengkapnya simak dibawah ini.

Jenis-Jenis Kompos

Beberapa jenis kompos memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa terdapat 3 jenis, yaitu cacing, bagase, dan bokashi.

Kompos Cacing

Kompos ini dihasilkan dari proses penguraian bahan organik oleh cacing, seperti cacing tanah. Kedatangan cacing tanah menolong proses penguraian bahan-bahan organik yang nantinya akan diurai kembali oleh mikroorganisme. Kompos cacing ini juga dikenal dengan sebutan casting. Casting mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan untuk tumbuhan seperti fosfor, nitrogen, mineral, dan vitamin.

Pada proses pembuatannya, biasanya cacing tanah memakan bahan organik seperti sisa makanan, kertas, daun, dan lain-lain. Kemudian bahan-bahan tadi akan dicerna dan menghasilkan kotoran yang kaya nutrisi. Kandungan nutrisi yang baik tadi akan sangat baik dan bermanfaat untuk tanaman dibandingkan dengan pupuk kimia.  

Adapun manfaatnya antara lain:

  1. tanah menjadi lebih subur,
  2. ketersediaan nutrisi bagi tanaman bertambah
  3. meningkatkan struktur tanah dan retensi air,
  4. mengurangi kebutuhan pupuk kimia dan pestisida,
  5. membantu mengurangi limbah organik

Kompos Bagase

Kompos ini berasal dari limbah pertanian terutama bagase. Bagase merupakan serabut sisa proses tanaman seperti tebu. Proses pembuatannya melibatkan dekomposisi serabut-serabut tersebut oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, yang mengubahnya menjadi pupuk organik yang kaya akan nutrisi.

Dengan adanya kompos bagase ini, pengelolaan limbah pertanian menjadi terbantu secara berkelanjutan dan meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan. Selain bermanfaat untuk pengelolaan limbah pertanian, memiliki keunggulan juga dalam meningkatkan struktur tanah, memperbaiki retensi air, dan menyediakan nutrisi yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman. 

Namun, perlu digaris bawahi bahwa pembuatannya memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan perlakuan khusus dengan mengakumulasi mikroorganisme selulotik sebab nisma C.N. bagase terlalu tinggi, kisaran 220.

Kompos Bokashi

Kompos bokashi merupakan tipe anaerob yang paling terkenal. Anaerob adalah kompos yang dibuat melalui proses biokimia yang melibatkan oksigen. Kata bokashi sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Jepang yang berarti perubahan secara bertahap. Adapun jenis mikroorganisme dekomposer yang digunakan untuk pembuatannya adalah EM4.

EM4 merupakan suatu kultur kombinasi terdiri dari mikroorganisme dalam media cair berperan buat memfermentasikan bahan-bahan organik dalam tanah serta sampah, sehingga menguntungkan untuk kesuburan tanah. Jenis mikroorganisme yang ada dalam EM4 antara lain Lactobacillus sp., Actinomycetes, Khamir, serta Streptomyces.

Dalam proses pembuatannya, kompos bokashi relatif lebih cepat dari pengomposan konvensional dan sudah siap dijadikan pupuk dalam tempo 1-14 hari sejak dibuat tergantung dari bahan baku dan metode yang digunakan.

Itulah tadi jenis-jenis kompos yang terbuat dari berbagai macam bahan dan berbagai macam proses juga. Selanjutnya, adalah terkait dengan penggunaannya. Bagaimana sih penggunaannya?

Penggunaan Kompos

Penggunaannya sebagai pupuk organik memiliki banyak manfaat bagi tanaman, tanah, dan lingkungan secara keseluruhan. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Meningkatkan Kualitas Tanah

Kompos dapat membantu meningkatkan kualitas tanah dengan cara mengembalikan bahan organik ke tanah. Sebab, tanah yang kaya akan bahan organik akan lebih subur dan dapat menahan air dengan baik sehingga meningkatkan kualitas tanaman.

Pertumbuhan Tanaman Meningkat

Kandungan nutrisi nitrogen, fosfor, dan kalium dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut tanaman akan cenderung tumbuh lebih cepat dan tentunya lebih sehat pula.

Terbebas Dari Hama dan Gulma

Pupuk kompos juga memberikan nutrisi yang cukup bagi mikroorganisme yang penting bagi tanah dan tanaman. Akibatnya, tanaman akan mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi. Dengan kebutuhan nutrisi terpenuhi, pertumbuhan tanaman akan lebih optimal, lebih sehat, kuat, dan memiliki ketahanan terhadap penyakit, hama, serta gulma.

Mengurangi Penggunaan Pupuk Kimia

Dengan adanya kompos, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat dikurangi. Hal ini karena nutrisi yang dibutuhkan tanaman sudah cukup. Penggunaan bahan kimia yang berbahaya juga bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Maka dari itu dengan penggunaan kompos, kerusakan lingkungan dapat berkurang.

Itulah tadi penggunaan kompos yang sangat bermanfaat untuk tanaman dan lingkungan. Melihat banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh, tentunya hal ini akan sangat cocok apabila digunakan pada tanaman yang sedang sahabat mesin tanam atau bisa juga dijadikan sebagai peluang bisnis. 

Saat ini peluang bisnis kompos sangat menjanjikan karena meningkatnya kesadaran akan pentingnya praktik pertanian dan keberlanjutan lingkungan. Produk-produk seperti pupuk kemasan, substrat tanaman, atau pupuk cair organik akan sangat diminati petani, tukang kebun, atau pecinta tanaman. 

Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pengomposan, sahabat mesin bisa menggunakan berbagai macam mesin pengolah kompos sesuai dengan jenis yang ingin dibuat. Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti kebutuhan pasar lokal dan potensi keuntungan jangka panjang. Dengan memahami pasar dan teknologi yang tepat, bisnis yang dijalankan dapat menjadi langkah yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Kunjungi asterra.id dan temukan berbagai macam mesin berkualitas yang cocok untuk mendukung usaha. Asterra sudah 10 tahun lebih melayani secara profesional berbagai perusahaan di seluruh Indonesia. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu

× Konsultasi sekarang! Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday